Jumat, 25 Februari 2011

Perbedaan dan Persamaan Situs, Website dan Blog

Situs:
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.


Website:
Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Blog:
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Perbedaan Website dan Blog
1. Pada blog biasanya artikel disusun terbalik berdasarkan urutan waktu dimana artikel paling baru akan ditempatkan pada halaman pertama (home) karena memang pada awalnya blog dibuat dengan tujuan sebagai buku diary yang tentu saja catatan akan disusun berdasarkan urutan waktu penulisan tetapi hal itu tidak mutlak karena sebenarnya bisa juga tidak disusun. Pada website, konten biasanya disusun secara statis dan tidak disusun berdasarkan urutan waktu tetapi berdasarkan kategori si pembuat.
2. Pada blog, artikel baru sangat mudah ditambahkan, hal ini jelas akan memudahkan update secara berkala. Lain halnya dengan website yang diperlukan keahlian khusus untuk memposting artikel baru.
3. Pada blog biasanya pengunjung dapat menulis komentar dimana komentar tersebut dapat dibalas dengan komentar lain sehigga bisa terjadi diskusi dan komunikasi, tetapi pada website biasanya bersifat satu arah dan hanya bisa dihubungi melalui menu contact.
4. Informasi yang terdapat pada sebuah blog biasanya sering diperbarui (di-update), tergantung penulisnya. Ada penulis blog yang memperbarui blognya beberapa kali dalam sehari. Sedangkan informasi yang terdapat pada sebuah situs web, biasanya tidak diperbarui secara teratur. Situs web umumnya berisi informasi tentang sesuatu yang tidak sering berubah-ubah.
5. Bila sebuah situs web diperbarui, banyak bagian yang juga berubah. Pada blog, hanya satu entri yang diperbarui pada suatu waktu. Bila sebuah situs web diubah, biasanya informasi lama akan hilang dan tidak dapat dilihat lagi oleh pembaca.
6. Pada blog, jika ada penambahan entri baru, entri yang lama tidak dihapus dari situs tersebut. Semua entri diberi catatan waktu kapan mereka ditambahkan pada blog, diberi judul dan indeks pada halaman blog. Hal itu memudahkan seorang pengunjung blog untuk mencari entri-entri lama.
7. Perbedaan utama lain antara blog dan situs web adalah: situs web biasanya lebih sukar dikelola dan sering kali memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana cara kerja Internet. Sedangkan blog, hampir setiap orang dapat memperbaruinya dengan mudah dan cepat. Tidak diperlukan pengetahuan khusus tentang Internet. Selain itu, banyak perangkat lunak untuk membuat blog tersedia secara gratis di Internet.

Persamaan Website dan Blog
1. Keduanya terdapat di Internet dan menggunakan URL atau alamat web. Mereka memiliki host sehingga informasinya dapat diakses secara online.
2. Keduanya dapat dikelola oleh perseorangan hingga perusahaan. Baik blog maupun situs web dapat berisi informasi, gambar, link dan kata kunci. Kedua jenis situs ini ditujukan kepada pembaca.

KESIMPULAN
Blog dan situs web mempunyai persamaan. Keduanya dapat ditemukan di Internet dan berisi informasi. Namun blog memberi kesempatan yang unik kepada penulis untuk berkomunikasi dengan pembaca dan dapat sering memperbarui entri mereka.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut. (wikipedia)

Jika kita lihat definisi diatas maka Blog bisa dikatakan merupakan bagian dari suatu situs Web, dimana pada blog kita bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama pengguna dan mudah untuk mengupdate isinya.

Pengertian di atas menjelaskan bahwa blog itu bagian dari website atau dengan kata lain blog adalag website juga tetap website belum tentu blog. Berdasarkan kegunaannya, website terbagi menjadi banyak nama turunan, misal : website company profile, shopping online, catalog online, news publishing, blog (weblog), forum, member online, dll.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar